e-mail : shantouz_ade@yahoo.com

Jumat, 22 Januari 2010

Mendiagnosa Kerusakan Pada PC

Sebelum menghabiskan uang Anda untuk memperbaiki PC, Anda lebih baik mempertimbangkan terlebih dahulu untuk mendiagnosa sediri kerusakan dari PC Anda. Siapa tahu, ternyata kerusakan PC Anda hanyalah masalah yang mudah untuk dihadapi.

PC sering mengalami banyak masalah bila Anda baru saja Booted PC. Berikut ini ada beberapa situasi yang mirip dan bagaimana mengatasinya.











Tidak Ada respon
Jika Anda telah menghidupkan PC dan tidak ada audio atau respon cahaya yang keluar, berarti masalahnya berada di motherboard, power supply, atau CPU itu sendiri.

Berbunyi ‘beep’ terus menerus
Jangan panik jika Anda pernah mendengar suara seperti itu. Suara bip bukan berarti ancaman. Hal ini bisa berarti ada sedikit kesalahan dalam meletakkan hal seperti motherboard, memory, kartu video, atau bahkan keyboard Anda. Jika Anda ingin lebih memahaminya, Anda dapat menemukan setiap kode dari suara beep di internet guna mengetahui lebih mendalam di balik setiap analisis dari suara tsb.

Layar blank
Periksa kartu video Andan dan juga sambungannya. Jika bukan itu masalahnya, berarti monitor Anda yang mengalami masalah.

Masalah loading OS
Jika PC Anda freeze tepat sebelum OS, ini mungkin karena ada masalah dalam CPU, motherboard, harddisk, atau memori. Di sisi lain, jika insiden yang terjadi ketika PC anda dalam proses loading OS-nya, berarti perangkat lunaklah yang mungkin menjadi masalahnya. Apakah Anda baru saja menginstal sebuah program baru? Jika demikian, mungkin ada masalah kompatibilitas atau terdapat beberapa langkah yang tertinggal selama proses instalasi.

Otomatis shut down
Apakah PC Anda sering shut down dengan sendirinya? Tanggapan seperti itu mungkin karena kerusakan eksternal atau internal. Apakah Anda membersihkan PC Anda secara teratur? Anda harus menyadari bahwa akumulasi debu dapat mengakibatkan kerusakan parah pada PC. Oleh karena itu, penting untuk Anda tidak hanya membersihkan PC Anda luar dalam, tetapi juga Anda harus melakukannya dengan teratur.

Terlalu banyak panas dalam CPU juga dapat menyebabkan kesulitan operasional sehingga menyebabkan shut down secara otomatis. Bagaimana dengan power supply? Apakah masih bekerja? Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, periksa daya fitur pada Control Panel dan juga BIOS anda.


Jika diagnosis yang Anda lakukan masih belum mengungkapkan masalah apapun dari PC Anda, berarti inilah waktunya buat Anda untuk berkonsultasi dengan yang lebih profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia